Monday, January 25, 2016

The broken Jug: Tuduhan Akan Agenda Terselubung dan Kondisi Jiwa Yang Tidak Waras

Share it Please


This text is the translation of “Gizli Ajanda İthamı ve Cinnet Psikolojisi.”

Teks ini terjemahan dari artikel  Accusations of a Hidden Agenda and the Psychology of Insanity”

Khotbah minggu ke 4 bulan Januari 2016


Pertanyaan: Tak memperdulikan seberapa transparan para relawan Hizmet bertindak, mereka yang memiliki prasangka buruk dan pola pikir gelap yang sudah menjadi kebiasaan, terus mengulangi klaim/tuduhan  seperti, "Mereka memiliki agenda rahasia," terhadap Gerakan Hizmet. Apa pendapat anda tentang masalah ini dan apa tanggung jawab relawan setia terhadap hal ini?

 
Jawaban: Sebenarnya, tampak bahwa tidak hanya Turki, tetapi dunia pada umumnya, menderita paranoia yang sangat akut, dan ada kecurigaan serta kecemasan terhadap hampir segala hal dan semua orang. Kehadiran paranoia di Turki bagaimanapun juga hampir tak tertandingi dalam sejarah. Untuk menggambarkan apa yang terjadi di Turki dengan pendekatannya Badiuzzaman, mereka dengan nyamannya membuat berbagai kemungkinan yang ada dalam benaknya sebagai realitas yang sebenarnya dan kemudian mengeluarkan vonis yang lebih berat tentang orang-orang berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang dibayangkannya. Ingatlah bahwa Badiuzzaman membuat fakta ini sebagai jawaban atas tuduhan yang tak berdasar dan tuduhan yang diarahkan padanya ketika ia diadili. Ia menyatakan bahwa ada kemungkinan bagi hakim dan jaksa di pengadilan hukum untuk melakukan pembunuhan dan, jikalau itu adil untuk menangkap orang-orang hanya berdasarkan kepada kemungkinan saja, hakim dan jaksa juga bisa dikenakan dengan cara yang sama.  

Mendasarkan hukuman pada kemungkinan-kemungkinan yang ada dibayangkannya, menciptakan cerita fiksi tentang masa depan masyarakat dan kemudian menggambarkan masyarakat tersebut sebagai penjahat yang berpotensial hanya bisa menjadi suatu indikasi kegilaan. Sayangnya seluruh dunia, khususnya Turki, saat ini sedang mengalami keadaan kegilaan. Oleh karena itu, agak sulit untuk mengekspresikan diri kalian kepada orang-orang yang menderita kegilaan seperti itu. Untuk alasan ini, pertama-tama diperlukan untuk menerima kenyataan ini. Kemudian melalui pernyataan, sikap dan perilaku kalian, kalian harus mengungkapkan di setiap kesempatan bahwa kalian memiliki niat baik dan bahwa kalian tidak memiliki skema atau agenda rahasia bagi masa depan, tanpa mengalah kepada keputusasaan dan lelah. Kita tidak boleh ada hubungannya dengan rencana masa depan yang licik atau curang dalam agenda kita. Mengejar angan-angan untuk ikut campur dalam hal ini dan itu, dan berusaha mengubah hal-hal tertentu merupakan sifat yang jauh yang jaraknya tahunan cahaya dari pikiran dan perasaan. Saya berpendapat bahwa, jangankan mereka yang telah tepat berada di jantung gerakan ini, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani umat manusia , pikiran seperti itu bahkan belum muncul dalam mimpi mereka yang berdiri di garda luar. Hal ini menjadi alasan bahwasanya ketika kalian menghubungkan tuduhan tersebut kepada jiwa-jiwa yang setia ini, mereka melihat wajah kalian terkejut dengan polosnya. Dongeng tersebut tidak ada bahkan dalam imajinasi atau mimpi mereka.
 
Allah SWT Mengetahui dan Orang-Orang telah Melihat Kebenarannya!


Karena sebagian kelompok orang benar-benar telah kehilangan perasaan malunya, mereka tetap menyebarkan fitnah dan penghinaan terhadap kalian, dan kalian secara alami merasa sedih. Jangan khawatir! Ada Allah, yang memiliki kewenangan atas segala sesuatu, yang melihat dan mengetahui segala sesuatu. Selain itu, dunia ini akan diikuti oleh yang berikutnya. Akan ada Hari Perkumpulan yang besar, Hari Perhitungan timbangan amal perbuatan!
Sebagai hasil alami dari karakter seorang yang beriman, saya telah mencoba mengikuti sebanyak yang saya bisa jalan dan metode Abu Bakar ra. selama ini. Ingatlah bahwa suatu hari seorang pria datang dan melontarkan sebuah aliran makian kepadanya. Abu Bakar tetap diam; ia tidak mengatakan apa-apa untuk waktu yang lama atau memberikan suatu tanggapan. Ketika fitnah tampaknya tak berujung, ia tidak dapat menahannya lagi dan mengatakan beberapa kata untuk membela dirinya. Rasulullah saw, yang telah mengamati mereka, memberitahukan bahwa saat Abu Bakar menunjukkan kesabaran terhadap kata-kata yang jahat, malaikat telah membela dirinya, dan bahwa ketika dia mulai berbicara, malaikat pun meninggalkan. Maka dari itu, teriakan keheningan selalu melolong sejalan dengan suaraku. Untuk itu, saya terlibat dalam pengawasan diri yang mendalam dan hampir melangkah keluar dari perasaan dunia saya sendiri.Dengan begitu, saya mengubur teriakan saya dan menyuarakan perasaan saya dengan ratapan keheningan.
 
Catatlah bahwasanya Allah tahu kebenaran atas segala sesuatu dan orang melihat realitas apa yang sedang terjadi. Lalu orang-orang dengan pikiran adilnya akan membentuk,dan sudah membentuk, pendapat mereka sendiri. Terlepas dari semua ancaman dan tekanan, masyarakat Turki terus berjalan, dan bahkan tak henti-hentinya berjalan di jalan Allah. Intelektual kami yang menemukan kesempatan untuk mengekspresikan diri mencoba untuk menyuarakan kebenaran meskipun banyak upaya untuk mencegah mereka.
Mereka beralih kepada cara apapun dalam rangka mengutuk sebagai persona non grata atau unwelcome person terhadap mereka yang membela jalan, metode dan sikap gerakan Hizmet. Jika seorang kolumnis memberi komentar positif tentang orang yang rendah hati atau gerakan ini, ia langsung menjadi sasaran reaksi pendendam dan, dengan kebohongan baru, orang yang dituduh berafiliasi erat dengan saya. Mereka bahkan menginterogasi dan menangkap orang tersebut seperti halnya seorang penjahat. Selain itu, di mana pun ada orang yang layak dengan nilai-nilai patriotik, mereka menuduh dia afiliasi dengan saya segera untuk menghabisinya dan membuat keributan bahwa, "Ini adalah salah satu anak buahnya." Mereka menyamakan orang-orang yang tidak mencuri, tidak menggelapkan, dan yang hidup sebagai anggota tegak masyarakat dengan para penjahat. Mereka bahkan mengutuk orang yang menjalankan solat hariannya, yang menghadiri shalat Jum'at, yang menyumbangkan hartanya untuk amal dan mendukung pendidikan siswa miskin; mereka menuduhnya berafiliasi dengan saya dan berusaha menempatkannya ke dalam sebuah organisasi ilegal.
 
Mari saya ungkapkan sekali lagi bahwa, meskipun setiap jenis despotisme, tekanan dan penindasan, orang-orang Anatolia masih berdiri di belakang karya-karya yang baik. Dalam kerangka hukum dan aturan, para relawan yang telah mendedikasikan diri mereka untuk melayani negaranya, cita-cita dan kemanusiaan, terus berjalan tegak di jalan kebenaran. Mereka menghadapi kemalangan yang menimpanya sebagai kutil dijalan kebenaran dan melihat semua ini sebagai komponen ujian. Dengan penuh keyakinan dan harapan, mereka mencoba melakukan yang terbaik untuk melewati ujian tersebut, yang pastinya akan berakhir begitu manis.


No comments:

Post a Comment

Social Share Icons

Blogroll

About