Tuesday, June 9, 2015

Bagaimana sih Kuliah Semester Pertama Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris???

Share it Please



Mungkin bagi beberapa orang akan bertanya-tanya, apa sih yang dipelajari di semester awal kuliah jurusan Bahasa Ingggris? Apalagi bagi para calon mahasiswa jurusan Bahasa Inggris pasti beberapa orang ada yang kepo tentang program-program di jurusan ini.
Sebelumnya agar tidak salah paham, saya akan menjelaskan perbedaan pendidikan Bahasa Inggris dengan Sastra Inggris.  Dijurusan Bahasa Inggris biasanya terbagi menjadi dua program studi (prodi). Ada prodi Pendidikan Bahasa Ingggris dengan prodi Sastra Ingggris. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diperuntukan bagi siswa yang ingin menjadi guru nantinya, makanya di program ini tidak hanya mempelajari materi tentang kebahasa inggrisan saja, tetapi juga mempelajari tentang ilmu-ilmu keguruan dan kependidikan. Kebetulan saya juga di prodi Pendidikan Bahasa Inggris hehe.  Prodi Sastra Inggris, khusus mempelajari ilmu-ilmu kebahasa inggrisan, linguistik, sastra, dan lain-lainnya. Kalau misalnya kalian ingin menjadi penulis sastra (novel, puisi, cerpen) berbahasa inggris, tidak ada salahnya masuk ke prodi ini. Tapi yang mau masuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris jangan khawatir, di prodi ini juga nanti membahas tentang kesusastreraan seperti puisi, prosa, karya-karya fiksi, dan drama yang tidak akan kalah serunya. :D
Saya yakin pada dasarnya materi di setiap universitas sama, namun pasti juga terdapat beberapa perbedaan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan. Disini saya akan berbagi mengenai apa saja yang dipelajari mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris semester pertama khususnya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Let’s check it out!



Gambar diatas merupakan kartu hasil studi saya waktu semester satu yang saya screen shoot dari PC, karena dikampus saya dan dikampus lainnya sudah memakai sistem online, jadi kalau mau kontrak mata kuliah maupun melihat hasil studi kita bisa masuk ke sistem online. Jadi ga perlu lagi repot-repot ngebuletin pake pinsil 2B seperti ujian nasional haha (sistem lama).. www.sino.upi.edu untuk UPI.
Saya merupakan angkatan 2013, (sebenarnya sih lulus SMAnya tahun 2012, tapi gaje dulu 1 tahun hehe). Karena saat itu sedang pengimplementasian kurikulum baru (K13), makanya saya terkena imbasnya dari perubahan kurikulum tersebut. Sebenarnya mata kuliahnya tetap sama seperti kurikulum tahun sebelumnya, Cuma yang berbeda ialah sebaran mata kuliahnya, misalnya mata kuliah psikologi pendidikan dikurikulum sebelumnya dipelajari di semester 4, tapi sekarang ditarik ke semester 1. Selain itu mata kuliah Skill (Listening, reading, speaking, writing) dikurikulum sebelumnya di semester pertama berbobot 4 sks, namun sekarang menjadi 2 sks, dan 2 sks lagi disemester 2. Kurikulum sebelumnya pun mata kuliah skill dipelajari sampai semester 3 tapi kurikulum sekarang menjadi sampai semester 5.
Kurikulum lama:
 Semester I : Listening/reading/speaking/writing for General communication
Semester II : Listening/reading/speaking/writing in Professional Contexts
Semester III : Listening/reading/speaking/writing for Academic Purposes
Kurukulum 2013
Semester I: Listening/reading/speaking/writing for General Communication 1
Semester II: Listening/reading/speaking/writing for General Communication II
Semester III: Listening/reading/speaking/writing in Professional Contexts
Semester IV : Listening/reading/speaking/writing for Academic Purposes 1
Semester IV: Listening/reading/speaking/writing for Academic Purposes II

Kembali lagi ke mata kuliah yang akan dipelajari di semester pertama. J.. Ada 10 mata kuliah dengan bobot 2 SKS tiap mata kuliahnya.
1.       Listening for General Communication 1
Mata kuliah Listening 1 ini tentu saja mempelajari tentang mendengarkan dan menyimak dengan baikberbagai audio. Karena masih listening for general communication, maka audio yang diputar pun masih berupa percakapan sehari-hari, cerita pengalaman, dll sehingga masih bisa dipahami. Suasana belajarnya pun di lab dan lumayan menyenangkan. Mata kuliah ini dimasa saya diampu oleh Ibu Siti Rojab, M.Ed.
2.       Speaking for General Communication 1
Mata kuliah speaking tentunya belajar how to speak. Dimata kuliah ini membicarakan tentang deskripsi, misalnya membahas tentang how to describe person, places, building, etc.  Recount biasanya membicarakan tentang pengalaman  kalo didalam test biasanya soalnya “ Please tell us your unforgetable experiences!”, dan satu lagi prosedur biasanya membicarakan tentang how to make something or how to do something. Terdapat tiga kali progress test. Dosen mata kuliah ini mempunyai aturan sendiri yaitu mahasiswa akan didenda setiap ia mengucapkan satu kata dalam bahasa indonesia. Lucu juga sih.. Meskipun percakapannya/speakingnya masih general dalam artian tidak melibatkan kata atau bahasa yang akademik, namun saya kurang beruntung dimata kuliah ini. Saya dapat B haha. Tidak ada yang dapat A. Kebanyakan teman dikelas dapat nilai C, bahkan beberapa teman saya ada yang dapat D, hmmmm..serem juga yah.
3.       Reading for General Communication 1
Reading mempelajari menmbaca teks dan menganalisis teks yang kita baca. Dimatakuliah ini belajar reading for pleasure. Diajarkan juga teknik-teknik membaca  cepat seperti skimming dan scanning. Selain itu mempelajari bagaimana membuat ringkasan suatu teks dan menemukan ide pokok dalam sebuah teks. Unfortunately, It’s hard for me to stay awake in this course.. L
4.       Writing for General Communication 1
Dimata kuliah ini menulis tiga jenis teks. Descriptive text, recount text, dan procedural text. Pembelajaran dikelasnya juga langsung disuruh menulis tiap jenis teks dan mengikuti writing process: prewriting, drafting, revising, editing, publishing.
5.       Pronunciation Practice
Mata kuliah ini belajar melafalkan huruf-huruf dalam bahasa inggris, mempelajari simbol-simbol phonetic, mempelajari intonasi, word stress, dll. Saya paling males kalau disuruh membuat phonetic transcription sebuat teks, duh, bikin pegel tangan haha. Ujiannya pun menyenangkan, yaitu praktek nyanyi dan membaca berita (menjadi news anchor) :D
6.       Grammar 1 (Classes and pattern)
Nah kata sebagian mahasiswa, mata kuliah grammar merupakan mata kuliah yang horor. Haduh kasian mata kuliah ini, bagai film Insidious saja disebut horor J.. karena masih grammar 1, maka dimata kuliah ini dipelajari tentang word class & part of speech dan verb pattern yang jumlahnya banyak. Nah verb pattern ini harus hapal, dan saya sampai sekarang tidak hapal (bukan tipe penghapal haha) tapi saya mengerti dan memahami polanya. Buat saya sih enjoy2 saja mata kuliah ini namun bagi bebrapa tema katanya mata kuliah ini bikin pusing pala barbie hihi.. Mata kuliah ini diampu oleh Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph. D. Diakhir semester, beliau memberikan nilai A ke dua mahasiswa saja, dan salahsatunya yang dapat A adalah saya, alhamdulillah J   
7.       Psikologi Pendidikan
Karena prodi ini ada label “pendidikannya” maka akan menemui mata kuliah ini. Sebagai calon guru, maka kita harus mampu mengetahui dan memahami perkembangan peserta didik, mendiagnosa berbagai kesulitan belajar yang dialami, masalah-masalah yang sering dihadapi peserta didik, dan masih banyak lainnya. Berbagai hal tersebut dipelajari dalam mata kuliah ini. Jangan kaget ya kalau nanti dapat tugas observasi lapangan ke sekolah. Saya dulu observasinya ke salahsatu sekolah boarding di Garut. Observasinya sih Cuma sebenta sekitar 5 jam, dan sisanya main ke Darajat Pass haha..
8.       Landasan Pendidikan
Mata kuliah ini mempelajari tentang landasan pendidikan seperti landasan filosofis, yuridis, sosiologis, dll. Proses belajar mata kuliah ini berupa ceramah, presentasi dan observasi ke sekolah tentang berbagai gaya mengajar guru Bahasa Inggris di kelas.
9.       Pendidikan Agama Islam
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah universitas (MKDU) yang harus diambil, tergantung agama dari mahasiswa. Kalau misalnya beragama Hindu maka mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Hindu. Dimata kuliah ini banyak sekali tuntutannya, diantaranya sebagai salahsatu prasyarat kelulusan makul ini, mahasiswa harus mengikuti tutorial dan mentoring tiap minggu di mesjid Al-furqon dan itu menyita waktu weekend mahasiswa.
10.   Pendidikan Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini belajar cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu mempelajari juga cara meulis berita, artikel, resensi, dan berbagai macam karya tulis ilmiah.

Nah mungkin sekian gambaran yang bisa saya share sebagai perkenalan semester pertama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Semoga ada pencerahan bagi teman-teman yang baru diterima di prodi ini. Tambahan, jangan minder atau khawatir bagi adik-adik yang mau masuk jurusan Bahasa Inggris namun meresa tidak PeDe dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Don't worry, seperti yang saya jelaskan diawal, kita disemester pertama, kita belajar dari basic dulu. Jadi meskipun teman-teman dari background SMA maupun SMK, nanti dikampus engga ada perbedaannya koo. Yang paling penting kita mau berusaha, hehe. Oh ya dan hal lain yang penting juga, berbanyaklah hubungan, eh salah *kok jadi baper* maksudnya perbanyak berteman dan berhubungan baik dengan kakak tingkat, karena sangat berguna. Trust me. So, those who have taken this major, be ready to deal with the courses i mentioned above. See you!!



224 comments:

  1. kak aku pengen kuliah jurusan pendidikan bahasa inggris tp aku gaterlalu bisa. jadi gmna hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang saja,, nanti kalo kuliah di jurusan Bahasa Inggris belajar dari basic kok,, engga langsung ke professional contexts. Saya juga dari nol kok hehe keep trying :)

      Delete
  2. Ada peljaran kalkulus nya ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pelajaran kalkulus biasanya ada di jurusan sains dan teknik,, kalo di jurusan Bahasa Inggris mata pelajaran yang ada hubungannya dengan matematika hanya statistika saja (untuk mendukung penelitian nanti).. :) Biasanya dipelajari di semester 4

      Delete
  3. Ada peljaran kalkulus nya ga kak?

    ReplyDelete
  4. Tenang saja,, nanti kalo kuliah di jurusan Bahasa Inggris belajar dari basic kok,, engga langsung ke professional contexts. Saya juga dari nol kok hehe keep trying :)

    ReplyDelete
  5. Untuk pelajaran kalkulus biasanya ada di jurusan sains dan teknik,, kalo di jurusan Bahasa Inggris mata pelajaran yang ada hubungannya dengan matematika hanya statistika saja (untuk mendukung penelitian nanti).. :) Biasanya dipelajari di semester 4

    ReplyDelete
  6. Ass
    Kak kalau boleh tahu bisa gak pingin lulus cepet, dalam 3 tahun misalnya, soalnya temen saya ada yang bilang asal ipk disemester sebelumnya diatas 3 katanya bisa ambil sks lebih banyak dari semester sebelumnya?, mohon pencerahannya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam..
      Thanks for visiting AdiAdi
      Kalau di jurusan lain biasanya bisa 3-3,5 thn.. Mereka kalau IP semester pertama bagus, bisa ngambil sampai dgn 24 sks per semesternya,, terus lagi kadang ngambil semester padat sekitar 6 sks an,,, Nah kecuali kalau mata kuliahnya sudah di paket sama jurusannya,, mau ngga mau harus ambil sesuai paket :) seperti di bhs inggris upi,, tdk ada program 3,5 tahun.. Minimal 4 tahun, karena PPL nya juga di semester 8 :)
      Semangat ya..

      Delete
  7. Kak aku pengen kuliah pend.b.inggris tp aku gabisa takut nya nanti di ejek sma temen satu kuliahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang lain juga belum tentu Bahasa Inggrisnya jago,, saya juga awal masuk bhs inggrisnya bisa dikatakan nol banget,, asal ada kemauan dan usaha pasti hasilnya tidak mengecewakan. Semangat ya :)

      Delete
  8. Kalo lulusan pbi bisa jadi penerjemah/translator nggak, ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget... Jangankan sudah lulus,, masih kuliah juga banyak banget orderan terjemahan baik itu dokumen, jurnal2, maupun abstrak skripsi.. Lumayan kan buat nambah2 uang saku hehe..

      Delete
  9. waah makasih banyak ka infonya.. Oh ya kalo tentang beasiswa di jurusan bahasa inggris banyak ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama de,, Lumayan banyak baik beasiswa dari dalam kampus ,maupunbeasiswa dari pemerintah ataupun dari perusahaan-perusahaan. Untuk program S2 juga banyak beasiswa tersedia di luar negeri. Hal yang menarik lain juga ada program student exchange ke negara-negara native speaker

      Delete
  10. kak kalo snmptn itu gmna sih aku ngga ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SNMPTN itu jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui presstasi akademik dan non akademik di sekolah. kita hanya perlu mengupload scan raport SMA semester 1-5 dan sertifikat2 lomba (kalo ada). Undangan ini biasanya di bulan Februari dan diseleksi sampai pengumumannya bulan JJuni atau akhir Mei. Jadi kalo snmptn itu engga ada tes tulis. :) So dont miss it

      Delete
  11. Ka kalau di kuliah bahasa inggris harus hafal kamus gitu, atau gimana agar kata-kata dalam bahasa inggris cepat nempel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya untuk memperbanyak kosakata Bahasa Inggris sih harus rajin baca2 buku, novel, atau berita yang berbahasa Inggris. selain itu watching movies juga bermanfaat bgt utk menambah vocab. kalo menghafal dari kamus biasanya lama improvisasinya karena kata-katanya tidak langsung ke konteks.. ;)

      Delete
  12. Ass
    Ka,maaf aku mau nanya.grammar aku kan kurang baik,tapi aku pingin banget masuk pend.bahasa inggris.nanti pelajaran grammarnya di pelajarin lagi dari awal gak kak?atau langsung ke tingkat yang lebih jauh?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb
      Untuk grammar nanti di semester pertama akan dapat mata kuliah Grammar 1 (basic grammar), semester 2 ada grammar II, semester 3 ada grammar III dst sampai mata kuliah functional grammar di semester 5 atau 6. Jadi santai saja ya, di semester awal masih basic-basic dulu... :)

      Delete
  13. Kak menurut kakak gimana kalau ambil jurusan ini susah gak?soalnya saya pengen bgt ambil jurusan ini tapi kemampuan bhs inggris saya masih rendah,mohon sarannya kak
    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, karena pada awalnya (sewaktu SMA) bhs inggrisnya terbilang minim, jurusan ini cukup sulit. Namun karena berusaha alhamdulillah pelajarannya bisa kekejar meskipun sambil terpogoh-pogoh hehe. Yang paling penting sih sejauh mana kita berusaha dan bekerja keras, maka hasilpun akan sepadan dengan usaha kita. Semangat de Indah

      Delete
  14. Kak menurut kakak gimana kalau ambil jurusan ini susah gak?soalnya saya pengen bgt ambil jurusan ini tapi kemampuan bhs inggris saya masih rendah,mohon sarannya kak
    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap disiplin ilmu pasti ada tingkat kesulitannya masing-masing, termasuk ilmu Bahasa ini. Kuncinya ialah terus berupaya untuk belajar. Saya juga pas masuk jurusan ini, Bahasa Inggrisnya kacau banget, (meski skarang juga ngga bagus-bagus banget sih hehe) yang penting we keep trying and be the best.

      Delete
  15. Ane alumni fkip bahasa inggris unila,, salam kenal

    ReplyDelete
  16. Saya juga minat bgt jurusan ini. Tapi saya masih bisa dibilang awam tentang b inggris. Trus apakah itu akan sangat berpengaruh pada saat penerimaan materi di bangku perkuliahanya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga ko, awam belum tentu 'sama sekali tidak akan bisa menerima pembelajaran'... Siapa tahu punya bakat terpendam di bahasa hehe. Ada beberapa cara untuk melatih speaking kita menjadi lebih baik, diantaranya mengikuti unit-unit kebahasa inggrisan seperti English debating community, dll.. It works :)

      Delete
  17. kak saya mau tanya , dulu saya sekolah jurusan smk pemasaran tapi saya suka sama mapel bahasa inggris waktu di bngku smk dulu ,terus sekarang kerja tapi aku barengi sama kuliah, tapi maksain ke akuntansi saya kurang sreg sama jurusan'a akhirnya males''an atau ungkapan'a setengah hati jalanin'a ,terus tahun ini saya mutusn pindah jurusan ,nah kalo saya ambil jurusan PBI gimana ya kak nyambung atau tidak karena background waktu di smk jurusan pemasaran terus bahasa inggris yang diajarkan juga gak terlalu banyak atau materi'a tidak sebanyak anak sma , kalo saya masuk pbi cuma berlandaskan suka sama bahasa inggris menurut kak gimana ? . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambung-nyambung saja, apalagi kalau minatnya di Bahasa Inggris, that will be the best choice. Kalau masalah materi, nanti juga di semester satu akan belajar basic English dulu jadi jangan khawatir ;). Oh ya di semester 6 nanti kalau misalnya ngambil konsentrasiatau peminatan ESP (English for Specific Purposes),nanti didalamnya ada mata kuliah yang cukup nyambung sama background sekolah Devy , salah satunya ada mata kuliah English for Business and Marketing. disana belajar Bahasa Inggris untuk bisnis, presentasi, dan marketing. Seru deh pokonya :)

      Delete
  18. kakak masuk PBI UPI lewat sbmptn atau ujian seleksi?

    ReplyDelete
  19. tapi kalo kuliah masuk pbi di ut yang via online gitu menurut kak gimana ? bakal kesulitan atau ada masukan lain'a kah buat saya ? maksih kak . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaloau menurut saya mendingan ke kampus yang ada kuliah reguler, selain sudah memiliki akreditasi, ilmunya yang didapatjuga pasti akan lebih hehe

      Delete
  20. Kalo bisa upload juga beberapa materinya dong, lumayan buat referensi :)

    ReplyDelete
  21. Kak, mau nanya ni. Saya dari jurusan ipa tpi pengen nembak jurusan pbi di snmptn, kirakira bisa gk kak? Atau saya harus ambil sbmptn lewat jalur ips/ipc ? Makasih kak

    ReplyDelete
  22. Dulu setau kaka bisa-bisa saja, kalo snmptn undangan dari jurusan ipa bisa lintas jurusan (bisa mengambil jurusan di program ips) tapi sekarang apakah kebijakannya masih seperti itu atau engga. Kalau misalnya tidak bisa, nanti bisa ikut sbmptn de (tes tulis) an disanan bisa pilih program ipa, ips, atau ipc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya kak, recommended buku sastra atau semacamnya dlm bhs ing buat pemula dong

      Delete
    2. Coba baca-baca novel karya Roald Dahl(E.g Fantastic mr. Fox, Danny the champion of the world), karya2 Oscar Wilde,,Kalo ingin yang lebih berbobot lagi bisa baca novel judulnya "To kill a mocking bird" kalo ga salah itu karya Harper Lee. Novelnya seru banget dan tersedia pdf nya hehe. Happy reading..

      Delete
  23. Kak, mau nanya nihh... aku pengen masuk ke pendidikan bahasa inggris,, soalnya aku suka banget sama mapel itu... tapi aku nggak terlalu bisa kak, terus nilaiku bahasa inggris setiap harinya juga nggak terlalu bagus.. cuman berlandaskan suka.. gimana kak ? apa nanti kalo udah keterima di univ dan msuk pend. inggris apa aku bisa mengikuti ? gimana solusinya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,,bisa banget.. Asalkan mau berusaha pasti bisa. Poin tambahannya, sambil nunggu pengumuman penerimaan mahasiswa baru, alangkah baiknya ikut kursus Bahasa Inggris, ambil kelas percakapan dan kelas tata bahasa. Itu cukup membantu..

      Delete
  24. Oke kak.. Terimakasih..
    Kalo kuliah di pend. inggris itu banyak praktiknya ya kak ?

    ReplyDelete
  25. Speaking for Academic Purposes susah ya kak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan, karena pembahasannya menyangkut konteks akademik. Mata kuliah ini kalau di UPI ada di semester 4.

      Delete
  26. kak mau tanya, katanya kuliah di jurusan PBI itu dari awal kuliah bicaranya harus memakai bahasa inggris ya? mulai dari dosen yg ngajar, dll. gimana nih kak, aku suka bahasa inggris dan minat ngambil snmptn pbi upi. tapi bahasa inggrisnya minim banget, apalagi kalo disuruh bicara dalam b.inggris suka gugup banget jadinya gelagapan. apa bisa gak kak aku kuliah disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek Vinny bener banget, untuk mata kuliah dari prodi menggunakan Bahasa Inggris, kecuali mata kuliah umum dari universitas dan fakultas (seperti pendidikan agama, kewarganegaraan, ilmu sosial budaya, kewira usahaan,psikologi pendidikan dll. Perlu banyak praktek speaking/berbicara agar rasa gugup hilang. Engga apa-apa di awal kemampuan Bahasa Inggrisnya minim, yang penting kita mau berusaha belajar. Kuliah bhs Inggris disana bisa banget de.

      Delete
  27. Wktu awalan masuk kuliah di PBI apa aja kak yang dipelajarin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu de di postingan, itu mata kuliah semester pertama semua :)

      Delete
    2. berarti pelajaran agama islam itu harus ya ka?

      Delete
  28. Assalamu'alaikum.
    Ka, kalau lulusan S1 akuntansi kira" bisa engga ya ambil S2 jurusan pendidikan bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb.
      Waduh kurang tahu nih hehe tapi sepertinya bisa, soalnya teman saya yang S1 nya psikologi tapi masuk PBI untuk S2 nya :). Nanti saya coba cari tahu ya.

      Delete
  29. Assalamu'alaikum.
    ka, saya kan berminat masuk jurusan pendidikan bahasa inggris di upi kira2 mending ambil SBMPTN/SNMPTN ? kalo ngambil SBMPTN kira2 ditesnya
    Saintek ato Soshum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb.
      Pertama mending ikut SNMPTN terlebih dulu, kenapa? Soalnya jalur ini tanpa tes tulis jadi kita tinggal nyerahin nilai raport dan tunggu hasilnya. Kalaupun belum rezekinya (belum diterima) ade bisa ikut jalur sbmptn dalam artian tes tulis. Untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris rumpunnya soshum. Sukses ya ;)

      Delete
  30. assalamualaikum,,
    kak tips biar cepat paham & menguasai listening,speaking,writing, gmna ,, mohon penjelasannya,,,
    sekian terima ksaih,,
    wassalamuaikum , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb..
      Kalau saran saya belajar skill satu-satu dulu atau diintegrasikan e.g speaking sama listening , misalnya satu minggu dikhususkan utk berlatih listening yaitu dengan mendengarkan talkshow berbahasa Inggris, jangan dulu film karena speak spead di film biasanya cukup cepat bagi pemula, kemudian menirukan apa yang diucapkan (speaking), lalu utk belajar writing bisa diintegrasikan dengan reading, bisa membaca dari buku atau artikel yang paling di minati, lalu coba menulis ulang apa yang telah dibaca dengan menggunakan bahasa sendiri. Untuk melatih writing memang perlu memahami struktur tata bahasa (grammar)dulu. Keeping on writing a journal everyday day is highly recommended.

      Delete
  31. assalamualaikum, kak, mohon motivasinya biar tetep semangat mencapai keinginanku menjadi guru b.inggris . terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb.. Siap, kita sama-sama belajar untuk menjadi guru yang highly qualified.

      Delete
  32. Kak, saya mau ambil jurusan pendidikan bahasa inggris tapi saya nggak bisa bahasa inggris sama sekali, bisanya bilang how are you aja kak, gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, ikut saja coba. Dari sekarang coba ikut semacam kursus b.inggris, nonton film, baca2 novel

      Delete
  33. KAK, MAU NGAMBIL JURUSAN BAHASA INGGRIS TAPI BUKAN YG JADI GURU BISA GA SI?? PLIS JAWAB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, nama program studinya "sastra Inggris"
      Kampus yang cukup baik dalam prodi sastra inggrisnya diantaranya UGM, UI, UPI, Unpad

      Delete
  34. Kak mau tanya, di prodi pendidikan bahasa inggris quotanya banyak tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kampus sini de biasanya sebanyak 20 kursi untuk snmptn, 20 kursi untuk sbmptn, dan 15 kursi untuk jalur ujian mandiri,

      Delete
  35. Ka, boleh tanya2 yang lebih dalem ga? Tapi jangan disini soalnya bakal kepo banget akunya. Minta id line nya dong ka hehe

    ReplyDelete
  36. Ka, boleh tanya2 yang lebih dalem ga? Tapi jangan disini soalnya bakal kepo banget akunya. Minta id line nya dong ka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh de,, bisa inbox ke fb atau twitter yang ada disamping laman blog ini

      Delete
  37. Assalamualaikum kak. saya suka sama pel. b. inggris (meskipun skill english nya masih rendah hehe) dan minat tapi bukan yg untuk jadi guru, berarti milihnya sastra inggris ya bukan pend. b.inggris? perbedaannya jauh ngga kak sastra inggris dan pend. b.inggris? thankyou :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam de Ghina, tetap semangat ya. Nah kalau minatnya bukan menjadi guru bisa ambil prodi sastra Inggris. Kalau perbedaannya terletak di beberapa hal, yaitu di mata kuliah yang ditawarkan, tempat program pengalaman lingkungan, dll. Untuk mata kuliah skills (speaking, listening, reading, writing)sama-sama diajarkan baik di prodi pendidikan maupun sastra. Di tingkat tiga biasanya kalau prodi pendidikan akan mempelajari tentang keguruan, teknik2 mengajar dll, sedangkan prodi sastra akan memperdalam materi ttg linguistik serta karya sastra.

      Delete
  38. Makasih banyak buat infonya kak Ori! Sangat menginspirasi. Semoga bisa ketemu di FPBS jadi adek kelasnya kakak ya! AMIN.

    ReplyDelete
  39. kak ori,sya mw tnya di tugas akhir jurusan pnd. bhs inggris a.k.a skripsi pas wktu sidang,presentasinya juga menggunakan bahasa inggris?

    ReplyDelete
  40. saya miss snmptn kak , misalnya kalo saya masuk jalur reguler nanti di test nya itu ngapain aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ikut SBMPTN,, nanti ambil ranah humaniora, tesnya TPA, matematik dasar, b.indo, b.inggris, dan ilmu2 IPS. Kalau ikut jalur mandiri (seleksi di kampus) tesnya biasanya TPA, bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris..

      Delete
  41. kak, postingan kak Ori ini kan tentang semester awal. Nah kabar untuk semester selanjutnya basgaimana? apa masih have fun seperti semester awal? aku sering baca keluh kesahnya mahasiswa bahasa inggris yang uda menginjak semester pertengahan, jadi horor sendiri.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener de semester kedepannya horor bgt hehe..

      Delete
  42. o iy kak saya mau tanya lagi grammar saya masih agak kacau nerjemahin pun juga maklum udah hiatus2 tahun kerjs dulu hehe nah kalo mau lanjut bakal keteteran gak ya kak maksudnya dari segi materi yang bakal di ajarkan , soalnya aku agak sedikit minder kak walopun aku suka b.ing tapi grammer dan vocab masih agak kacau sering ngerjain soal" vontoh ujian sbmptn pun masih banyak yg salah jadi merasa minder gitu kak , terus rencana pengen daftar di univ swasta di jogja kak tapi akreditasi C menurut kak gimana maksih , di tunggu jawabanya ASAP ya kak heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo grammar mah cuma gitu-gitu aja de,, cuma sedikit .. Baca-baca juga cepet nanbgkepnya,, kalaupun misalnya dalam berbicara atau menulis terdapat kesalahan tata bahasa (grammatical errors) santai aja, ingat B.Inggris itu bukan BAHASA IBU ataupun bahasa kedua kita,Indonesia sendiri bahasa inggris posisinya ialah sebagai EFL (English as a foreign language) yang mana bahasa inggris dipakai hanya sebatas di ruangan kelas dan beberapa lingkup kerja saja.. jadi wajar kalau ada ketidakakuratan tata bahasa.. Tetap semangat ya :)
      Oh ya menyangkut tempat kuliah yang akreditasinya C, kalau saya boleh saran sih cari yang akreditasinya minimal B, hal ini bukan berarti jurusan yang akreditasinya C tidak bagus, namun mengingat nanti kalau sudah lu,us dan mau kerja, biasanya beberapa perusahaan memerlukan lulusan dari kampus yang berakreditasi baik :)

      Delete
  43. gitu ya kak berarti keterbatasan grammar dan juga vocab nanti bakal diajarin dari awal ya kak? kalo masalah akreditasi soalnya itu fakultas baru di univ itu kak jadi masih mengajukan akreditasi gitu kak , kalo seumpama ane kedaftar di kampus itu tapi akreditasi C gitu gimana dong kak ?kalo soalnya dari segi univ udah mantep disitu juga sih tapi ya itu yg bikin kadang bimbang soalnya akreditasi , huaa binggung nih ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya de nanti juga secara tidak langsung pas kuliah vocab kita kian bertambah karena dituntut berhubungan dengan berbagai jenis teks berbahasa inggris seperti berita, cerpen, novel, diktat kuliah, jurnal, makalah dsb.. Oh ya yang masalah akreditasi kan setiap beberapa tahun akan ada penilaiannya lagi, nah mudah2 an kampusnya dek devi nanti akreditasinya jadi makin baik ;)

      Delete
  44. Alhamdulillah Yaaa ALLAH.. ats ptunjuk Mu.
    Mksh bxk ka ori istihari atas ilmunya.
    Sangat bermanfaat.
    Mhon sarannya, apa saja yang harus dipersiapkan sblm msuk k PT PRODI BHS INGGRIS itu?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ,, senang sekali bisa berbagi hehe
      Pertama mungkin persiapan bekal skill bahasa Inggris kita, memiliki bekal yang baik lebih dari awal itu cukup disarankan. Sama mungkin persiapan mental untuk siap menerima pelajaran dalam bahasa inggris, termasuk di kampus saya mata kuliah non english seperti statistika, penelitian pendidikan, manajemen pendidikan menggunakan pengantar berbahasa inggris.. :)

      Delete
  45. Terimakasih, postingan ini sangat membantu, tapi saya mau tanya lebih sulit pbi atau sastra ingris ?
    Mohon pencerahan kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama de, thanks kunjungannya..
      tergantung minat de,, kalau minatnya ke kesusasteraan dan perdalaman ilmu linguistik maka disarankan masuk sastra, tapi kalau senang mengajar, maka lebih disarankan masuk Pendidikan bahasa inggris nya. Sulit atau engga sih tergantung de hehe,, namun biasanya hal-hal yang kita kurang minati maka hal mudah pun kadang terasa sulit.

      Delete
    2. Oh ya meskipun masuk jurusan Pendidikan Bahasa inggris (keguruan) bukan sastra inggris, namun di pendidikan bahasa Inggris juga mempelajari ilmu2 sastra ko ,, ada foundation of literature (mempelajari dasar-dasar sastra, review sastra amerika dan inggris, dll), exploring fiction (membongkar dongeng2, cerita anak, cerpen, belajar bikin bahasa dan tulisan dalam anime dll), exploring poetry (mempreteli puisi2 dan makna2 dalam puisi), exploring prose, exploring drama (teori2 drama, menelaah naskah2 klasik drama,penampilan drama, manajemen pangguang, belajar casting dll) dll cukup seru ambil mata kuliah itu..

      Delete
  46. ka kalo pendidikan bahasa inggris tuh ga harus jadi guru juga kan? soalnya aku ingin masuk ke sastra inggris tapi kata guru bk aku katanya mending pilih yang pendidikan bahasa inggris tapi aku ga terlalu minat jadi guru ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ga mesti ko de banyak sekali keterampilan yang bisa didapat dari kuliah di PBI ini selain menjadi guru bahasa. Lulusan jurusan pendidikan Bahasa Inggris (PBI) bisa menjadi penerjemah tulisan (translator), penerjemah lisan (interpreter), editor, penulis novel, copy writer, supervisor, tim HRD, reviewer, dan masih banyak lagi ;)

      Delete
  47. kak tahun ini sy mengambil jurusan PBI , sy bnyk bca article tntng PBI trmsuk article kk , hehe
    kalau soal speaking blepotan itu mah bsa belajar , masalahnya kampus yg sy pilih bkan fakultas keguruan PBI tapi fakultas kependidikan PBI gimana tu kk , ap bisa jd guru ? trus sertifikasinya gmna kk ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. keguruan sama pendidikan itu sama de hehe.. Kadang ada kampus yang masih pakai FKIP (Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan) atau ada juga nama fakultasnya misalnya FPBS (Fakultas Pendidikan bahasa dan Seni).. Pokoknya kalau misalnya nama jurusan yang awalannya ada kata "pendidikan" misalnya "pendidikan Kimia" berarti prodi tsb untuk calon guru kimia, namun bila namanya misalnya "Kimia" saja atau "Teknik Kimia" berarti bukan prodi untuk profesi guru kimia :)..
      Tentunya kalau nama prodinya Pendidikan Bahasa Inggris berarti prodi tsb juga mreupakan wadah buat calon guru Bahasa Inggris hehe..

      Delete
  48. kak maaf tanya lagi kak, mending D3 b.ing uty akreB apa S1 PBI UMY akre c kak makasih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woles aja de banyak tanya juga hehe..
      Kalo de Devy mau jadi guru ya lebih baik pilih PBI umy, tapi kalau misalnya ingin kerja yang bukan jadi guru ambil saja D3 yang di uty :).. Kalau guru biasanya akreditasi tidak terlalu dipermasalahkan, biasanya kalau ingin kerja di perusahaan2 kadang calon pegawainya harus dari lulusan dari kampus dengan akreditasi tertentu hehe

      Delete
  49. Assalamu'alaikum kak,aku suka banget sama mata pelajaran bhs inggris dari smp sampe sekarang aku duduk di bangku SMA.bhs inggris menjadi mapel favorite aku dan aku juga less bhs inggris.Masalahnyaa dikuliah nnti apa adaa Jalur Bidikmisi(Snmptn) bisa ngambil jurusan bhs inggris?soalnya aku sma nya dijurusan ipa kak ?mohon jawabbanya ya kak :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam de Uci.. mantap berarti ya bahasa Inggrisnya hhe..
      Jalur bidik misi untuk semua jurusan ko de,, jadi bisa.. Dari jurusan IPA juga bisa ambil bahasa Inggris..

      Delete
  50. Ka kuliah inggris yg murah dimana ya? Tpi kualitasnya bagus.. hehe

    ReplyDelete
  51. Ka kuliah inggris yg murah dimana ya? Tpi kualitasnya bagus.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kampus negeri biayanya rata-rata menggunakan sistem UKT (Uang kuliah tunggal) hampir sama dek, untuk kualitasnya juga lumayan bagus karena banyak yang akreditasinya sudah baik. Kalau dikampus swasta untuk biaya kurang tahu de hehe tapi kualitasnya juga sama bagusnya..

      Delete
  52. Postingannya sangat memotivasi kak makasih. Kmrin ambil sastra inggris di snmptn tpi tdk lulus. Mau ulang sb pbi meskipun kmpuan b.inggrisnya kurang skli. Tapi liat postingannya sm komentar2nya jdi tambah smngat.

    ReplyDelete
  53. Postingannya sangat memotivasi kak makasih. Kmrin ambil sastra inggris di snmptn tpi tdk lulus. Mau ulang sb pbi meskipun kmpuan b.inggrisnya kurang skli. Tapi liat postingannya sm komentar2nya jdi tambah smngat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat ya dek. Ya begitulah, snmptn itu seperti lotre, bergantung pada keberuntungan. Saya juga dulu sempat ditolak snmptn but life must go on toh :).. Gpp bahasa Inggris masih dari basic juga, dulu juga saya pas awal-awal cuma bisa ngomong My name is.. dan How are you saja hehe, toh di semester 1 juga nanti materinya masih yg basic-basic juga kok.. Semangattt

      Delete
  54. disemester pertama masih basic ya kk??soalnya saya pesimis dg kemampuan saya,tp guru bhs inggris saya sering bilang kalau saya bisa..pengen banget masuk PBI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya de masih dasar2 seperti mata kuliah speaking 1, grammar 1, reading 1, writing 1,listening 1, sama ada mata kuliah kampus seperti agama, dll. Semangat dek, pasti bisaa!!

      Delete
    2. semoga keterima di PTN amiin...kk udh lulus?

      Delete
  55. peluang kerja selain jadi guru bisa apa ya kak? ke pemerintahan bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,, tergantung formasi yang tersedia nanti :)

      Delete
  56. ka menurut kaka peluang masuk PTN baling besar lewat jalur apa ya? SBMPTN atau MANDIRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat Jalur mandiri sih de, tapi uang masuk nya biasanya lumayan, berbeda dengan yg sbmptn :)

      Delete
  57. Kak kalo nanti bikin skripsinya pake bahasa inggris juga atau gimana?

    ReplyDelete
  58. Oiya ka, kalo mata kuliah semester sekarang gimana? Apa susah susah?

    ReplyDelete
  59. kak kalo jurusan bahasa inggris itu skripsi nya pakek bahsa inggris juga ta kak.. denger denger sihh gitu kak

    ReplyDelete
  60. Kak. Kaka punya social media gak? Ingin ask somenthing nih tentang pendidikan bahasa inggris. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di sebelah kanan laman ini ada link fb, twitter, atau g+

      Delete
  61. Kak, saya ingin mengikuti ujian mandiri UPI tahun ini dan mengambil jurusan pendidikan bahasa inggris, serta bahasa dan sastra inggris. Apa kakak ada tips dan trik mengerjakan soal soal ujian mandiri tersebut? Saya sudah mencoba mencari berbagai contoh soal2 ujian mandiri tapi hasilnya nihil, kurang membantu saya. Terimakasih kak:)

    ReplyDelete
  62. Kak sastra inggris nantinya bisa jadi guru atau egk? Trus cara pelafalannya masih kurang bener gimana ya kak
    Makasih infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa jadi guru bahasa inggris ;)
      kalau belajar pelafalan bisa dari kamus elektronik yang bisa memainkan bunyi kata, atau bisa dari film juga

      Delete
  63. om apakah dosen yang mengajar kita itu pake selalu make bahasa inggris ya?

    ReplyDelete
  64. Saya udh dftr di UAD FKIP B.inggris,
    Biarpun agak sedikit lola,tp aku ttp mau bljr,biarlah mreka yg ngejek!!

    ReplyDelete
  65. Halo kak mau tanya. Aku kmrn jdh daftar di suatu universitas dan alhamdulilah diterima. Tp setelah kupikir2 lg aku malah gak srek sama fakultasnya dan pengen pindah ke fakultas pend bhs. Inggris. Bisa gak ya aku pindah fakultas? Saya baru mau mulai kuliah tahun ini, fyi. Hehe. Mohon balasannya ya kak ^^ makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..selamat ya
      kalau di kampus upi sih bisa tapi harus nunggu dulu semester 4 kalau saya gak salah, tapi saran saya sih mending daftar / ikut ujian lagi saja daripada harus nunggu nanti :)

      Delete
  66. Assalamu'alaikum kak, saya ingin mengambil jurusan bahasa inggris, tapi listening saya masih, bingung juga pengen ambil sastranya atau pendidikannya kak, soalnya aku takut juga nanti suatu saat disuruh bikin puisi gitu pake english. oya untuk kosa kata yang jarang high class gitu :"D aku belum bisa, ini aku lagi latihan soal2 SBMPTN sama UM tahun lalu kak, banyak kosa kata yang jarang aku temuin huwaaa.
    oya minta saran juga univ mana aja yang bagus tapi yang jangan terlalu tinggi hehe. Terimakasih banyak kak. Maaf sekali banyak bertanya hehe.
    Wassalamu'alaikum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada yang kurang, masih jelek maksudnya listening :D
      oya mau nanya lagi ka, misal mau masuk jurusan bahasa itu nanti tes SBMPTN atau UMnya pake saintek sama soshum juga ga?
      soalnya aku anak ipa tapi sainteku ga bagus, aku takut ga masuk jurusan ini gara2 sainteku :(

      Delete
    2. Listening bisa diimprove melalui film, podcast, dan sebagainya de.. Kalau jurusan pend. b. inggris masuk soshum saja hhe

      Delete
  67. Ada yg ngambil PBI di UNINDRA tahun ini?
    bareng saya berarti :)

    ReplyDelete
  68. btw deg degan nih mau masuk PBI
    minta tips dan saran2 nya dong mbak Ori Istihari
    thanks before

    ReplyDelete
  69. Assalamu'alaikum wr.wb
    kak saya ada bbrpa prtanyaan
    1.) Saya minat masuk pbi UPI. setau saya kalau jrusan pbi itu trmasuk kategori ips. Sekarang saya kls 12 jurusan ipa. kalau anak ipa bisa nggak dftar snmptn prodi pbi di UPI?
    2.) kalo dftr sbmptn pbi di UPI materi yg diujikan apa aja kak?
    3.) Apa calon maba hrs sudah jago b.inggris kalo mau ambil prodi pbi?

    Mohon jawabannya kak. sbelumnya trimakasih :)Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam..
      1) kalau aturan sekarang enggak tahu dek, tapi kalau beberapa tahun dulu mah bisa dari ipa ambil prodi b.inggris
      2. Sbmptn misal ambil soshum, sama seperti yg biasanya, ada tpa, pelajaran ips, matematika dasar
      3. Enggak harus. Namun disarankan harus sudah punya sedikit bekal hhe

      Delete
  70. kak, bedanya sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris apa?

    ReplyDelete
  71. assalamualaikum, kak. aku mau tanya. kan aku rencana nnti kuliah mau ambil jurusan bahasa inggris. tp au masih bingung sama jurusan itu. kalau msuk jurusan ini, apa harus jadi guru? peluang kerjanya apa aja sih? terus persiapan sebelum masuk jurusan bahasa inggris ini harus apa?
    makasih banyak kak, wassalamualaikum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam
      1. tidak harus jadi guru, kalau pekerjaan itu pilihan kita. Nah kelebihannya kita setelah lulus sudah mengantongi gelar sarjana pendidikan yang artinya bisa jadi guru sebagai pilihan terakhir apabila belum dapat pekerjaan.
      2. Peluang terbesarnya menjadi guru, namun disisi lain banyak sekali kegiatan sekarang yang memerlukan staf ahli bahasa inggris, jadi pintu terbuka lebar
      3. Persiapannya bisa belajar Bahasa Inggris secara mandiri maupun ikut kursus

      Delete
  72. Kak minta contact person kakak dong

    ReplyDelete
  73. Kak minta contact person kakak dong

    ReplyDelete
  74. Kak mau nanya, saya kan jurusan ipa di sma bisa gak sih saya masuk jurusan pendidikan bahasa inggris,?

    ReplyDelete
  75. Kalau masuk jurusan sastra.. nntiny bisa jadi guru jg gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dek di laman curriculum vitae, sama link medsos di samping kanan blog ini

      Delete
  76. Hmmm.. kykny lbih komplit Pend Bhs Inggris yaa... muatan puisi, sastra, dkk juga masuk.. bisa jd guru pula. ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek itulah salahsatu kelebihan prodi Pend. Bahasa Inggris.. Kita belajar sastra-sastra Inggris belajar drama juga. Kita juga belajar tentang pedagogi, keguruan,belajar telaah kurikulum, metode mengajar, dll yang tidak diajarkan di Prodi Sastra Inggris..

      Delete
  77. kalau pendidikan bahasa inggris ini nanti bisa gk jadi selain guru??

    ReplyDelete
  78. kalau pendidikan bahasa inggris ini nanti bisa gk jadi selain guru??

    ReplyDelete
  79. Assalamualaikum..
    Saya maba tahun ini ka masuk PBI di lampung :) Jujur sejak SD sampai lulus Sma sy suka sekali yg berbau bhs inggris hehe, tapi ini hanya sekadar gemar saja. Tentang grammar n vocab sy masih perlu banyak belajar ka, bagaimana kak ya melatih kosa kata agar lebih cepat dan mudah menghafal lalu mengingatnya? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam de.. thx for visiting
      Teknik mengingat setiap orang berbeda2.. Ada banyak teknik mengingat kosakata baru misalnya dengan menuliskan kata baru di flashcard lalu dihapalkan dan dibuka lagi saat lupa. Kalau saya menambah vocab dgn cara baca daily news bisa BBC, CNN atau Yahoo 7 etc.. terus baca2 artikel yang disukai misalnya tentang artikel keagamaan,, nah disana banyak sekali kata2 yang di ulang-ulang di setiap posting artikelnya. Dengan bgt kita akan tahu kata tersebut krn banyak diulang2 sama tahu cara penggunaan katanya juga.. Selamat mencoba..

      Delete
  80. Kak, aku murid kelas XII SMA. Kan bentar lagi lulus tu, hehe. Tapi masih bingung mau ngambil jurusan PDD b.inggris atau PDD matematika. Menimbang aku kurang ahli speaking + nggk percaya diri masalah speaking. Aku merasa semua bahasa inggris yang keluar dari mulutku tu semua belepotan + nggak jelas(terdengar aneh), jadi gimana. Kira kira kalau aku ngambil PDD bahasa inggris, speaking ku bisa membaik nggak yah? Trus cara supaya confident ngomong di depan orang banyak itu gimana? Mohon tips nya ya kak, hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau suka dua duanya nanti pas SNMPTN isi prodi Pend. Bahasa Inggris sama matematika.
      Nah kalau masalah speaking sangat bisa di perbaiki.. Speaking itu seperti naik sepeda (harus dipraktekan. Dalam belajar sepeda kadang mengalami jatuh namun itu merupakan awal menuju mahir bersepeda. Begitupun di speaking, kita harus terbiasa melatihnya dengan praktek berbicara setiap hari, adapun kesalahan didalam berbicara merupakan suatu awal untuk speaking better.. Sedikit2 dilatih, misalnya saat nonton TV bisa beri komentar misal "What a great film. I like the actors. They are talented..... dst.
      Oh ya kalau misalnya ada klub debat b.inggris baik di SMA atau di kampus ikut aja dek.. Itu cukup ampuh buat ngasah speaking kita..

      Delete
  81. Assalamualaikum
    wah keren kak nilainya :')
    Saya anak PBI juga, di UNS angkatan 2015. Saya kemarin masuk PBI karena dorongan orang tua, bukan keinginan saya sendiri. Alhasil nilai saya semester I & II saya kurang bagus dibandingkan dengan nilai teman-teman saya di kampus, bikin minder bgt, takut mengecewakan ortu. Mungkin karena kuliah gak sesuai passion. Sampai sekarang saya masih bingung cara belajar bahasa Inggris yg baik gimana. Tolong sarannya kak?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  82. Ka, observasi ke sekolah ITU berapa lama ya? Sampai gak 2 bulan?

    ReplyDelete
  83. Ka, observasi ke sekolah ITU berapa lama ya? Sampai gak 2 bulan?

    ReplyDelete
  84. sya lahir 84 dec ,,,,apa msh bisa kuliah,,,,sy ingin kuliah Pendidikan Bahasa Inggris,

    ReplyDelete
  85. sya lahir 84 dec ,,,,apa msh bisa kuliah,,,,sy ingin kuliah Pendidikan Bahasa Inggris,

    ReplyDelete
  86. sya lahir 84 dec ,,,,apa msh bisa kuliah,,,,sy ingin kuliah Pendidikan Bahasa Inggris,

    ReplyDelete
  87. Asslamualiakum...
    kak kan sya mnat msuk pbi, tpi sya sma skli blm bs b inggris

    ReplyDelete
  88. Kak, kalo misalnya punya sertifikat peserta lomba English di ajukan ngga ya kalo mau daftar snmptn / lainya.? Apa cuma piagam menang nya saja? Terimakasih

    ReplyDelete
  89. 1)Kak klo jd guru deg-degan ga sih ? 2)klo gtu Gmn cara ngatasi nya? 3)klo pengen autodidak belajar b.inggris nya harus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Deg degan sih cuma karena nanti pas kuliah banyak presentasi pakai bahasa inggris, banyak observasi di sekolah, simulasi mengajar, dll akan mengurangi rasa nervous kita.. Chillex :)

      Delete
  90. kak, itu nilai atau apa? kok nggak ada C nya..? Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  91. Kak, TOEFL susah gak sih?
    Soalnya apa aja, kak?
    Aku penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah sih, namun kalau sudah mengenal bentuk tesnya, dan sering latihan soal-soal toefl insha allah ga terlalu sulit kok. Kalo Toefl paper-based test di section pertama ada listening sejumlah 50 soal, selanjutnya ada grammar and structure sebanyak 40 soal dan reading sebanyak 50 soal. Waktunya kurang lebih sekitar 125 menit :)

      Delete
  92. makasih banyak kak, artikelnya ngebantu aku yg lagi buat makalah perbedaan sastra inggris dan bahasa inggris. aku sendiri ambil prodi sasing. nah, pas iseng baca jawaban" kakak buat para penanya disini, kakak blg orderan buat nerjemahin tuh banyak. nah itu gimana caranya ya kak kalo mau jd penerjemah ? apa kita terikat sm suatu perusahaan atau gimana ? soalnya aku tertarik hehehe

    ReplyDelete
  93. permisi kak, aku mo nanya nih, aku kan jurusan bhs inggris jugag, nnti nih semester 4 aku mau ambil statistik juga dan klo statistik yg dipelajari di jurusan bhs inggris itu statistik yg gimana aja ya materinya? hehe.. mohon pencerahannya ya kaak, kakak kan yg lebih tau, makasih.. :) tlg di balas ya kak aku butuh bgt ... :"*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. Kalau saya waktu ambil statistika dulu dosennya memberikan materi tentang statistika dasar yang topiknya meliputi konsep pengukuran data, Fungsi distribusi, Distribusi normal, Estimasi parameter, Pengujian hipotesis, Model regresi linear sederhana, Analisi varian
      dan setelah itu belajar penggunaan software SPSS..
      Tapi biasanya kadang tiap jurusan berbeda2 kasus materinya, dan tergantung dosennya hehe

      Delete
  94. assalamualaikum kak... akh juga pengen banget masuk pendidikan bahasa inggris,, tapi aku masih bingung mau pilih yg sastra nya atau pendidikannya. aku mau tnya kalau misalkan aku masuk di pendidikan apa aku dapet kerja selain jadi guru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... kemungkinan peluan besar dari pendidikan yaitu menjadi guru atau dosen, tapi tidak menutup kemungkinan lain juga kok untuk berkarir pada profesi lain misalnya menjadi konsultan pendidikan...

      Delete
  95. kak, aku tertarik sama jurusan bahasa inggris tapi gak terlalu berminat jadi guru. kalo ngambil yang non pendidikan itu gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngambil sastra Inggris nanti prioritasnya bukan jadi guru karena tidak mempelajari ilmu2 keguruan, tapi lebih ke pendalaman sastra sama linguistik..

      Delete
  96. Assalamualaikum kaak
    Salam kenal kak Ori, saya Ayunda dari Medan.

    Kak, ini aku tuh suka banget bahasa inggris kak, baca baca bahasa inggris gitu aku lumayan bisa kak, listening juga Alhamdulillah dikit dikit hehe, di snmptn ini aku ambil jurusan pend. bahasa Inggris di Univ. Negeri Medan (padahal aku ipa kak :( temen-temen bilang ipa bakal sulit masuk kalo dari snmptn huhu).Disatu sisi aku minat banget kak dapet jurusan ini, apalagi jadi penngajar hihi, tapi Disisi lain aku juga bingung kak, akutakut ga bakal bisa di jurusan itu :( tensis aja aku kurang kak :( menurut kakak gimana ya ? apakah nanti tensis bakal dipelajari lagi dari awal kak ? pencerahan kakkk terima kasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajarnya dari basic kok pas semester awal, cuma setidaknya kita harus punya bekal pengetahuan ttg bahasa inggris. tp jnagan khawatir,kita bisa improve pas di kuliahan..

      Delete
  97. Assalamualaikum, saya mau tanya kalau mau jadi dosen lebih baik ambil jurusan. Pendidikan atau sastra nya?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. Biasanya ambil dua duanya misal s1 nya sastra s2 nya pendidikan atau sebaliknya..

      Delete
  98. Assalamu'alaikum .

    kaaa , aku mau tanya kan aku mau lulus tahun ini trus aku mau ambil jurusan sastra inggris kaa . cuma aku agak ragu takutnya nanti gak keterima karena memang bahasa inggris aku juga masih minim banget jadi kira kira solusinya gimana yaa ka tolog di jawab yaa ka


    makasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.. Gpp de jgn khawatir nanti juga bisa improve di kampus kok, bisa belajar bareng teman2 atau kaka tingkat.

      Delete
  99. ka,, gimana yaa,,, saya mau masuk pendidikan bahasa inggris apakah bisa jika saya menlanjutkan s2 saya mau ngambil sastra inggris,, bisa nggak ka,, prospek kerja nya di mana mana aja kak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. kalo udah s2 nanti mending jadi dosen aja hehe

      Delete
  100. Kak, kalo kita ambil jurusan pendidikan bahasa inggris apa nantinya kita mesti jado guru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga mesti cuma kalo masuk pendidikan biasanya ingin jadi guru...

      Delete
  101. Kak, kalo ngambil pendidikan bahasa inggris itu S2 nya gimana? ada yang bisa sampe luar negeri ga sih? Hehe mau nanya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru peluang s2 ke luar negeri lebih besar karena mahasiswanya nanti ga akan ada kendala bahasa..

      Delete
  102. Kak, kalo ngambil jurusan pendidikan bahasa inggris prospek kerjanya selain jadi guru apa aja ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di public relatin bisa, konsultan penddidikan, penerjemah lisan/tulis, korespondensi, penulis, dll

      Delete
  103. Kak mau tanya, emng di jurusan PBI/bahasa lainnya di UPI gabisa ambil semester pendek ya? Kenapa ka itu? Mohon penjelasannya kalo boleh tau☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibuka kalau misal ada mahasiswa yang minat. Biasanya kalau ada sekitar 25 mahasiswa yang daftar semester pendek maka suka dibuka..

      Delete
  104. Saya senang sama bahasa inggris tapi saya takut setiap kali speaking, karna saya kadang masih mikir buat grammar dan kosa katanya. saya lebih senang ke reading sama writing ka. saya mau tanya, kira-kira ada saran gak ka gimana untuk latihan spekingnya?

    ReplyDelete
  105. Kak saya mau tanya. Selain ambil kursus bahasa inggris, apa aja sih yang perlu dipersiapkan sebelum masuk kuliah jurusan pbi? Saya kan udah dapet sbmptn pbi tapi masih bingung, mau siapin apa untuk isi waktu libur sebelum masuk kuliah.

    ReplyDelete
  106. Kak kalau masuk pbi pilih sarjana atau diploma trims

    ReplyDelete
  107. Wah jadi ada gambaran lah ya tentang jurusan ini nantinya gimana wkwk

    ReplyDelete
  108. Sangat detail tulisannya.. jika memebutuhkan buku bahasa Inggris silahkan kunjungi kami ya https://goo.gl/5iWxmK... tq

    ReplyDelete
  109. Mkasih informasinya kak,,saya baru-baru ini sudh diterima di salah satu universitas jurusan p.bhs inggris tpi OSPEK tgl 27 agustus ini .mau nanyak kk,sementer awal pendidikan bhs inggris itu kyak gimana kak??

    ReplyDelete
  110. Wah,,semakin termotivasi jadinya. Thank kakak.

    ReplyDelete
  111. Hmmm.
    Tulisan yang bermanfaat.
    Saya jurusan matematika, yang dulunya ingin jurusan bahasa inggris. Setelah mengikuti perkuliahan 4 semester, jadi iri (positif) sama temen2 yang prodi bahasa inggris. Irinya ketika berburu buku yang bagus, tapi dalam bahasa inggris.

    By the way, thank you for write this article.

    ReplyDelete
  112. selain jadi guru prospek kedepan nya apa aja ya ? menurut pandangan kakak
    thanks ^^

    ReplyDelete
  113. Assalamu alakium kak
    Kak aku mau nanya kalo prodi pend bhs inggris ini nanti di skripsi nya apakah menggunakan dua bahasa seperti bahasa indonesia dan bahasa inggris atau bagaimana kak?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Social Share Icons

Blogroll

About