Monday, April 18, 2016

Seputar Kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Share it Please

Hai kawan-kawan, pembaca setia blog. Terima kasih telah sudi berkunjung ke blog yang carut-marut ini.. I don't think the content on this page will be in line with the title, as the name suggests. Tapi halaman ini sengaja saya buka bagi teman-teman ataupun bagi adik-adik SMA yang sedang bergalau ria, hectic sana-sini cari informasi kuliah, keluar masuk ruangan BK buat konsultasi (*pengalaman) hehe dan lainnya.

Maka dari itu silahkan apabila ada yang ingin ditanyakan seputar kuliah terutama di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris teman-teman bisa tinggalkan jejak di kolom komentar :).. 
Anyway, 
kuliah di jurusan Bahasa Inggris itu rame banget loh, dan engga se HOROR yang dibayangkan. Kadang dosennya malahan yang horor *upss..
Kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris bisa menjadi  bahan pertimbangan teman-teman yang mau kuliah. Mengapa? Tentunya karena manfaat yang bisa dirasakan setelah mengenyam bangku pendidikan di jurusan ini sangatlah besar and help you rocket your career in the future. Ga percaya? boleh dicoba hehe 

Kesan pertama saat keterima di program study Pendidikan Bahasa Inggris lumayan gundah gulana. Pasalnya saya yang berasal dari sekolah kampung yang kegiatan belajar Bahasa Inggrisnya cuma menggeluti LKS saja,  kemudian kuliah di salah satu kampus negeri dengan prodi yang terkenal serba ketat tersebut, dan saya hanya bermodalkan Bahasa Inggris yang hanya tahu How are you? I am fine thank you, and you?, kalau dipikir -pikir ngeri juga. Dalam benak saya wah teman-teman lain sepertinya sudah pada expert nih, sepertinya kamus John M. Echols juga mereka sudah khatam.. Apalagi rata-rata mereka dari lulusan sekolah-sekolah dari kota yang rata-rata dulu berlabel RSBI sekarang sudah di copot sih :) . Ternyata dugaan saya tidak melenceng, saat pertama kali masuk kelas mereka sudah cas cis cus pada saat memperkenalkan dirinya didepan kelas. Wah dalam hati saya salah masuk kandang nih haha. Disaat orang lain terhanyut ngobrol dengan bahasa Inggris mereka, disana kadang saya merasa sedih. Duduk di pojokan kelas sambil pura-pura sibuk balesin SMS, padahal mah tangan ini engga tahu lagi nulis apa. (Biar kelihatan sibuk saja sih, agar tidak ditanya huehe).
Jujur pada awalnya Bahasa Inggris bukanlah mata pelajaran yang disukai, karena mungkin efek dari jaman SD dimana guru bahasa Inggrisnya super duper galak, dan sering lempar penghapus :D ,, so it really devastated my motivation. Saya sekarang mengambil konsentrasi English for Young Learners dimana saya belajar segala macam mengenai anak, belajar menjadi anak-anak, dan metode efektif untuk mengajar anak-anak. Terdengar sepele mengajar anak-anak, namun bila ditelaah lebih jauh, mengajar anak-anak apalagi mengajari bahasa asing sangat sulit, tidak bisa dilakukan dengan marah-marah :). Perlu skill khusus untuk mengangani mereka. Balik lagi keatas, karena mungkin "trauma" dengan pelajaran bahasa Inggris saat SD, jadi ya saat SMP dan SMA pun rada cuek gitu ke bahasa Inggris, malahan lebih menyenangi mata pelajaran eksak seperti fisika dan antek-anteknya, tapi engga terlalu suka matematika.  Sehingga otak yang dipakai pun lebih dominant otak kiri (hitungan) dibandingkan otak kanan (ie kebahasaan).

Nah disaat yang genting tersebut saat awal-awal kuliah, dimana saat itu Bahasa Inggris sebagai musuh kedua setelah matematika, yang saya lakukan ialah belajar tata bahasa. Ada pernyataan bahwa Jangan dulu belajar tata bahasa atau grammar, speak up aja. Kalau belajar grammar terus nantii mau ngomong pun dipikir dulu tepat engganya tata bahasanya. Pernyataan tersebut bisa benar atau bisa juga engga. Tergantung siapa yang benarnya. Memang benar, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa orang yang belajar bicara atau speaking tanpa mempelajari grammar terlebih dulu, speakingnya akan cepat lancar. Seperti misalnya anak kecil kan tidak belajar tata bahasa dulu. Namun saya tipe yang memilih untuk mempelajari tata bahasa terlebih dulu untuk merangkai suatu kalimat. Karena saya kadang tidak pe-de kalau misalnya ngomong lalu grammarnya amburadul.. Bersambung dulu ya :) Jangan lupa kalau ada yang mau di tanyakan, tulis di komentar aja ya :)



13 comments:

  1. Assalamualaikum kak..
    Mau tanya dulu kakak pas awal-awal masuk sempat menemui kesulitan gak? Biasanya kesulitan-kesulitan apa sajakah yang sering ditemui oleh mahasiswa awal jurusan pendidikan bahasa inggris? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam..
      Oh iya awal2nya sulit beradaptasi dengan sistem belajarnya yang masih transisi dari bangku SMA, dimana di kuliahan siswa dituntut utk lebih megeksplor materi daripada hanya mendapatkan materi dari dosen. Manajemen waktu juga sangat penting, harus mengurangi jadwal mainnya hhe..

      Delete
  2. Sore kak,
    mau tanya kalau nanti lulusan jurusan bahasa Inggris bisa kerja dimana saja? terus susah gak kuliah di jurusan bahasa Inggris? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lulusan dari jurusan pendidikan bahasa inggris atau sastra inggris biasanya bekerja menjadi guru sekolah, guru di bimbingan belajar/ kursus, berwirausaha, punya kursus bahasa Inggris sendiri (lebih keren), jadi penerjemah lisan dan tulisan, jadi editor, kerja di bank, jadi copy writer, di diplomat, jadi reporter, kerja di media, jadi journalist, dan masih banyak lagi :)

      Delete
  3. English Education Study Program?

    ReplyDelete
  4. kak boleh minta email yang aktif gak ? aku may tanya" banyak soalnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, ini ori.istihari@gmail.com
      bisa ditanyakan disini juga ko :)

      Delete
  5. Kak kalau di jurusan bahasa Inggris suka ada beasiswa?

    ReplyDelete
  6. Mata kuliah di jurusan bahasa inggris ada apa saja ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ada sekitar 145 sks, termasuk mata kuliah umum universitas, mata kuliah fakultas, mata kuliah dasar profesi, mata kuliah program studi.

      Delete
  7. Kak, saya mau tanya" tentang bahasa Inggris, boleh minta alamat e-mail atau apapun yang aktif?

    ReplyDelete

Social Share Icons

Blogroll

About