Sunday, August 7, 2016

Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Bedanya Apa Ya???

Share it Please
Hi... How's everything going? Hopefully everything is doing well.. Di beberapa postingan sebelumnya banyak adek-adek yang nanya, apa sih kak perbedaan pendidikan Bahasa Inggris dengan Sastra Inggris? Mungkin bagi adek-adek calon mahasiswa beberapa masih ada yang bingung. Nah, dalam post kali ini akan membahas mengenai perbedaan Prodi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris khususnya di kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Nah apa saja sih perbedaan-perbedaannya? Ok guys let's check it out!!

1. Gelar lulusan
Prodi (Program studi) Pendidikan Bahasa Inggris lulusannya akan bergelar S.Pd (Sarjana Pendidikan),  sedangkan lulusan dari prodi Sastra Inggris akan bergelas S.S (Sarjana Sastra).

2. Mata kuliah
Mata kuliah kuliah kampus (umum) sama antara Pend. B. Inggris dan Sastra Inggris yaitu
Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Budha, Hindu, Konguchu), Seminar pendidikan Agama, Pendidikan Bahasa Indonesia, PKN, Pendidikan Olahraga, kewirausahaan, Kuliah Kerja Nyata (KKN).
kesamaan lainnya juga terletak pada mata kuliah English skill (Listening, Reading,  Speaking, Writing), masing2 prodi ada mata kuliah tersebut ..
Sedangkan yang berbeda ialah kalau prodi Pendidikan Bahasa Inggris akan mempelajari dan mendalami tentang keguruan seperti Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Manajemen dan pengelolaan Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Kurikulum dan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Media Pembelajaran, Telaah Kurikulum, Perencanaan Pembelajaran, dll.. sedangkan di Prodi Sastra Inggris tidak ada mata kuliah tentang keguruan dan akan mendalami mengenai kesusasteraan dan linguistik. Namun ada kelebihan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu prodi ini juga mempelajari kesusastreraan dan linguistik.

3. Prospek kerja
Jaman sekarang di era yang serba bilingual ini, Bahasa Inggris seakan-akan sudah menjadi kebutuhan utama dalam setiap usaha. Dengan bekal bahasa Inggris yang sudah mumpuni, setelah lulus para mahasiswa dari kedua prodi ini memiliki prospek kerja yang sama luasnya. Lulusannya bisa menjadi guru di sekolah, guru di tempat kursus/bimbel, ahli marketing, presenter, bekerja di perhotelan, jadi tour guide, editor/asisten editorial, penerjemah dokumen/tulisan, penerjemah lisan (interpreter), penulis cerita fiksi dan non fiksi, leksikografer (Leksikografer bekerja dengan menulis, mengkompilasi dan mengedit kamus baik dalam bentuk cetak maupun yang dipublikasikan secara online), pustakawan akademik, wartawan media cetak atau TV, pembawa acara, news anchor (pembaca berita berbahasa inggris), Public Relation, Petugas Informasi, Copy writer, dan masih banyak lagi..

sekian dulu ya guyss kalau mau ada tambahan silahkan simpan di komentar. Postingan ini baru draft pertama lol :).. Belum bisa nulis banyak-banyak soalnya sedang di commuter line nih hehe...

4 comments:

  1. Prospek jurusan sastra Inggris dan Pend.B.Inggris sama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pada dasarnya sama, hanya untuk lulusan pend. Bahasa Inggris kebanyakannya menjadi guru..

      Delete
  2. apakah lulusan sastra inggris juga bisa menjadi guru di sekolah formal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja tapi dengan tambahan lisensi untuk mengajar yang pastinya

      Delete

Social Share Icons

Blogroll

About